Rabu, 15 April 2009

KPU Minta Maaf Data Masuk Tabulasi Lambat

KPU Minta Maaf Data Masuk Tabulasi Lambat

15 Apr 2009 20:39:51

Jakarta, (tvOne)

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Aziz meminta maaf kepada semua pihak jika data yang masuk ke Pusat Tabulasi Pemilu 2009 yang dapat diakses melalui situs http://tnp.kpu.go.id itu berjalan lambat.

"Maaf kalau lambat, karena kami sangat tergantung input data TPS yang disampaikan KPU kabupaten/kota," katanya dalam jumpa pers saat kunjungan jajaran Komisi II DPR di Pusat Tabulasi Pemilu 2009 di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (15/4/2009).

Menurut dia, pihaknya telah mengimbau agar KPU kabupaten/kota mempercepat proses pengiriman data. Namun, katanya, tugas-tugas KPU kabupaten/kota saat ini cukup banyak, termasuk harus melakukan konsolidasi rekapitulasi hasil penghitungan suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Tetapi kita komitmen untuk memperbaiki (kelambatan) itu sesuai perangkat yang tersedia," katanya.

Sejak dibuka pada 10 April lalu hingga hari keenam ini, jumlah suara yang masuk baru mencapai sekitar 8 juta suara. Padahal, Pusat Tabulasi Pemilu 2009 di Hotel Borobudur itu akan berakhir pada 20 April mendatang.

Ketika didesak target KPU untuk jumlah suara yang masuk hingga 20 April, Abdul Aziz mengharapkan, data yang masuk bisa mencapai 70 persen.

"Kita masih punya waktu, kami sudah minta KPU kabupaten/kota untuk mempercepat proses pemasukan data itu," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI EE Mangindaan meminta agar KPU segera melakukan perbaikan terhadap data-data yang salah karena hal itu akan mengurangi tingkat kepercayaan masyarakat.

Hal itu dikatakan Mangindaan ketika menjawab pertanyaan masih adanya data yang tidak valid yang sempat masuk pusat tabulasi KPU itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar