Kamis, 16 April 2009

China Pengguna Internet Terbesar di Dunia

China Pengguna Internet Terbesar di Dunia

BEIJING--MI: China telah melampaui Amerika Serikat menjadi negara pengguna internet yang terbesar di dunia dengan catatan sebanyak 221 juta orang pengguna dinegri itu pada akhir Februari, demikian media massa setempat melaporkan Kamis.

Jumlah pengguna internet di China pada akhir tahun lalu sudah mencapai 210 juta orang, hanya selisih lima juta dari Amerika Serikat saat itu, demikian laporaran kantor berita Xinhua mengutip keterangan Pusat Informasi Jaringan internet China.

Walaupun adanya pertumbungan jumlah pengguna yang begitu cepatnya namun jumlah perbandingan prosentase pengguna internet terhadap jumlah total penduduk masih rendah dibandingkan dengan tingkat rata-rata dunia," kata Xinhua mengutip keterangan Departemen Informasi.

Perbandingan tersebut adalah 16% pada akhir 2007 dibandingkan 19,1% rata-rata dunia.

Sensor terhadap materi tertentu internet adalah hal yang umum di China dimana pemerintah melakukan penyaringan atau penyensoran sistem dan melakukan pengamatan terhadap kebiasaan jelajah internet para pengguna termasuk terhadap sejumlah materi yang bersifat rawan.

Namun internet juga menjadi alat yang digunakan oleh sejumlah negara Barat dalam kampanye protes terhadap China dalam acara tur obor Olimpiade namun langsung disikapi rakyat China dengan semangat nasionalisme. (Ant/OL-06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar