Kamis, 16 April 2009

2009,Asuransi Syariah Dunia Diprediksi Tumbuh 40%

2009,Asuransi Syariah Dunia Diprediksi Tumbuh 40%
Wednesday, 15 April 2009
DUBAI (SI) – Industri asuransi syariah (takaful) dunia diprediksi tumbuh 30–40% per tahun dalam tiga hingga empat tahun ke depan. Sebab,banyak orang mulai beralih dari konvensional ke asuransi syariah.


”Saya prediksi industri takaful akan tumbuh terus,” kata Managing Director Noor Takaful Ahmed al-Janahi dalam ”Reuters Islamic Banking and Finance Summit” di Dubai kemarin. ”Setiap hari ada pengalihan dari asuransi konvensional.Banyak orang yang melakukan pengalihan,” ujar dia.”Pertumbuhan diramalkan pada level 30–-40% atau lebih, seiring banyak orang di negara muslim beralih dari konvensional ke asuransi syariah,”imbuh dia.

Janahi menjelaskan, alasan orang mengalihkan asuransinya ke syariah karena produk islami tersebut lebih kompetitif. Sebelumnya, hampir semua orang memilih menggunakan jasa perbankan dan asuransi konvensional karena jasa keuangan syariah tidak bisa memberikan pelayanan dan produk sesuai kebutuhan.”Tapi itu berubah dengan cepat,”jelas dia. Saat ini perusahaan asuransi syariah dinilai lebih baik dibandingkan konvensional.

Penilaian ini muncul setelah perbankan dan asuransi syariah berjatuhan akibat krisis keuangan global.Asuransi syariah lebih tahan krisis karena aturan investasinya lebih konservatif. Dia menjelaskan, faktor risiko di asuransi syariah dibagi antara perusahaan dan nasabah. Sementara konvensional menuntut perusahaan asuransi menanggung semua risiko investasi. Jamahi memaparkan, pasar asuransi global 2009 diramalkan mencapai USD2,5 miliar atau sekitar 1,7 poundsterling Inggris.

Dia memproyeksikan pasar itu berkembangmenjadiUSD11miliarditahun 2015.”Fakta menunjukkan,banyak negara di Timur Tengah sedang memikirkan untuk mengalihkan asuransi aset pemerintahnya dari konvensional ke syariah,”papar dia. (Rtr/ahmad senoadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar