Kamis, 16 April 2009

Buah Mangrove Bisa Jadi Sirup

Buah Mangrove Bisa Jadi Sirup

Palembang, 8 April 2009 13:58
Tanaman bakau (mangrove) ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menjaga vegetasi pantai, melainkan bisa dimanfaatkan buahnya sebagai sirup dan dodol.

"Hasil penelitian kami, mangrove tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk kayu bakar, tetapi juga bisa bernilai tinggi dengan mengelola buahnya menjadi minuman dan makanan," kata Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Nandar Nuriswan, di Palembang, Rabu.

Sebagai bentuk kecintaan terhadap tanaman bakau tersebut, menurut dia, pihaknya akan menyelenggarakan seminar yang khusus membahasa bagaimana menjaga dan memanfaatkan tanaman itu.

Selama ini, katanya, warga hanya memanfaatkan tanaman tersebut untuk kayu bakar atau arang, sehingga setiap kali membutuhkan kayu bakar maka pohon itu dibabat habis.

Ia mengatakan, akibat pembabatan hutan mangrove untuk kayu bakar, kini sebagian besar hutan bakau mengalami kerusakan.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya seminar penggunaan dan pelestarian mangrove yang rencananya akan diselenggarakan 25 April, masyarakat diharapkan dapat mengalihkan kebiasaan masyarakat yang cenderung menghabisi tanaman itu

Dia menjelaskan, buah mangrove dapat dimanfaatkan untuk minuman atau sirup dan dodol.

Pengolahan buah mangrove tersebut cukup mudah, tetapi masyarakat pinggiran laut akan mendapatkan manfaat yang besar termasuk meningkatkan perekonomian warga setempat, ujarnya.

Nandar menambahkan, dengan disosialisasikannya pemanfaatkan buah mangrove yang lebih bernilai ekonomi, pihaknya yakin mampu merubah pola pikir masyarakat yang selama ini hanya menjadikan batang mangrove sebagai bahan bakar.

"Dengan perubahan pola pikir masyarakat tersebut, eksplorasi buah mangrove menjadi minuman dan makanan diharapkan pohon bakau dapat dilestarikan karena hanya buahnya yang diambil," tambah dia. [TMA, Ant]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar